Sabtu, 24 Juni 2017

Cara Memanfaatkan ODO Meter, TRIP 1 dan TRIP 2 Motor Vixion


Seperti Kita ketahuai, pada layar indikator ada menu ODO, Trip 1 dan Trip 2, Odo Meter adalah Berapa KM yang sudah motor tempuh sejak pertama di Buat, ODO meter tidak bisa di reset Jarak nya ke 0
Sedangan Untuk Trip 1 dan Trip 2 bisa kita seting kembali ke 0

baca juga : Rekomendasi 10 ban untuk musim hujan

Jika kita hobi touring, fasilitas Trip 1 dan Trip 2 pada Motor Vixion bisa kita manfaatkan, apalagi kalau kita hobi touring.

Trip 1 biasanya saya seting untuk pergantian Oli Berkala Setiap bulan nya, setiap habis mengganti Oli,,Trip 1 selalu di seting ke 0, dengan cara menekan tombol Set hingga ke menu Trip 1 dan kemudian tekan lagi sambil di tahan, maka ukuran nya kembali ke 0.

Trip 2 biasanya saya gunakan untuk melakukan perjalanan. misal nya kita akan pergi trouring ke tegal atau akan mudik dengan Vixion, maka kita harus tau dulu, berapa kira kira jarak dari jalarta ke tegal.

cara mengetahui jarak kasaran dari jakarta ke tegal adalah dengan menggunaakan google maps di handphone atau dengan komputer. 

Misalnya dari jarak kisaran Jakarta - Tegal adalah 321 KM

Maka dengan memanfaatkan Trip 2 pada indikator Vixion, kita bisa tahu, kita sudah menempuh Berapa KM dan tinggal menempuh Berapa KM lagi sisanya, atau dengan Diketahui jarak tersebut, maka kita bisa menentukan Setiap Berapa KM kita harus Istirahat, kalau saya biasanya setiap 100 Km akan istirahat dahulu, selain melemaskan badan, juga mendinginkan semantara motor, biar tidak terlalu di porsis.

itu tadi bagai mana cara saya memanfaatkan indikator jarak Pada motor vixion

Rabu, 21 Juni 2017

4 Barang Yang Wajib Di Bawa Bagi Pemudik Motor

Mudik sebentar lagi, persiapan sudah beres atau belum ?
biasanya orang orang fokus pada persiapan diri saat mau mudik, sering kali mengabaikan persiapan untuk kendaraan nya, terutama motor, banyak bagian penting yang harus tetap di jaga.
kita semua berharap agar bisa semalat sampai tujuan, namun terkadang nasib berkata lain, ada saja kendala yang ada di depan
maka dari itu, persiapan apa yang harus kita bawa agar bisa meminimalisir gangguan selama perjalanan
berikut beberapa tool yang saya bawa selama mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor Vixion
1. Tool Set, Kunci Pass
Mungkin sedikit merepotkan jika membawa tool set, namun lebih repot lagi jika terjadi masalah dengan motor dan kita tidak ada tool nya.
yang saya bawa adalah, standar kunci pas sesuai kebutuhan, dan kunci pass

2. Pelumas Rantai
Perjalan Dari Jakarta - Tegal kurang lebih 330an KM, dan dari Tegal - Jakarta 330Kman, jika bolak balik berarti sekitar 660an KM.
dari pengalaman saya, ketahanan Pelumas rantai hanya 100Km, pada KM tersebut rantai terasa sangat beriski, karena Pelumas rantai sudah mulai kering, apalagi jika perjalanan kamu terhambat oleh hujan, rantai motor akan lebih cepat kering.
Biasakan membawa pelumas rantai, mesikipun ukuran kecil, itu sangat berguna



3.  Jas Hujan
Jas Hujan termasuk barang penting yang harus kita bawa, terkadang cuaca bisa saja berubah ubah, jika kamu tidak suka menunggu berlama lama, akan lebih baik untuk menggunakan jas hujan.
selain berguna untuk menahan air hujan, jas hujan juga bisa di pakai saat udara dingin, karena dari bahan yang kedap udara.

4. Tissu basah
Mesikun Sederhana, Tisue basah juga termasuk barang yang penting, minimal juga kita merasa capet dan tidak ada tempat untuk cuci muka, bisa mengelap wajah kita dari kotoran dan debu jalan, dan juga bisa untuk membersihakn kaca helm dari debu, tujuan nya agar jarak pandang kita tidak berkurang saat perjalanan
itulah 4 barang yang bajib kita bawa saat perjalanan
kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi, meskipun tidak terjadi pada diri kita sapa tau terjadi pada orang lain dan kita bisa membantu nya.
Terimakasih
Atur Motor

Selasa, 20 Juni 2017

AP-77, Alternatif Pemulas Rantai Motor


Melanjutkan dari artikel Pelumas motor terbaik, kali ini coba review chainlube Merk AP-77 Chain Lubricant.



Kesan Pertama yang saya rasakan, rantai motor terasa halur, tidak ada suara brisik pada rantai, padahal kalau di lihat rantai agak sedikit kendur. sehari sebelum nya saya coba membiarkan rantai dalam keadaan kering terlebih agar bisa lebih terasa perbedaan nya. setelah itu besihkan rantai dengan kain lap dan semprotkan Chain lube Secara merata.

Terasa sekali perbedaan antara saat kering dan di beri pelumas rantai AP-77, dari suara berisik yang hilang, hingga getaran pada bagian belakan juga berkurang.

Setelah seharian memakain, pelumas ini terasa lebih nempel awet dari pada menggunakan KIT chain lube.

Artiker terkait: Pilih Gear Set Sinnob Atau SSS

Namun ada hal yang membuat saya heran adalah minyak yang nempel pada rantai menjadi sedik kehitaman, apak ini prosen pembersihan sisa sisa minya sebelum nya, atau pembersihan pada bagian yang sudah berkerak.

Kalo dari segi Harga, pelumas ini lebih terjangkau dari pada merk merk lain nya, yaitu di bawah Rp 15.000 ukuran 300Ml Sumber Tokopedia & Bukalapak


Terimakasih
AturMotor

Senin, 12 Juni 2017

Solusi Mudah Lampu Sein Vixion Mati Total, Apa Penyebabnya ?

Flaser Sein vixion
Kali ini atur motor akan memberikan sedikit solusi tentang sein vixion mati total. 
karen kejadian ini mendadak, tiba tiba sein mati total.

sempat bingung apakan karena switch di stang yang kendala, atau sirkuit kabel di motor ada yang putus.

setelah saya cari tau lebih lanjut di beberapa blog ternyata kendalanya simple, hal ini terjadi karena flasher sein vixion sudah mati dan memang harus di ganti.
Flasher sudah berkarat, terkena air
Mungkin karena sudah lama, dan sering kemasukan air waktu cuci motor, jadi flasher ini jadi berkarat, kalau kamu dalam keadaan di jalan tan tidak ada bengkel yang menjual perangkat ini, kamu bisa melakukan hal ini.

Dengan menggunakan kawat atau kabel pendek, lalu hubungkan antara slot nya, dengan melakukan hal ini, maka lampu sein akan menyala, namun tidak ber kedip. 

Dalam Keadaan darurat, bisa menggunakan kawat atau kabel pendek
Saya kebetulan kemarin sempat mencoba cara ini, tak ternyata menyala tanpa kedip, tandanya memang flasher ini bermasalahm dan harus di ganti.

Harga flasher sein befariatif, AturMotor membeli di bengkel di daerah Jl raya bogor dengan harga kira kira Rp 25.000 rupiah.

Cara menggantinya pun gampang ya, karena flasher sein vixion sendiri sudah ada dudukan nya yang pas.

Demikian tadi solusi jika lampu sein vixion mati total, hanya dengan menggnati flasher sein vixion dengan yang baru

Semoga artikel Ini bermanfaat

Salam
AturMotor

Kamis, 18 Mei 2017

Mesih 2 tak Teknologi Injeksi, KTM Berhasil Ciptakan Motor 2 Tak Injeksi

KTM 250 EXC TPI
KTM 250 EXC TPI, Motor 2 Tak Teknologi Injeksi ramah lingkungan 

Kali ini KTM Akhirnya berhasil mengembangkan Motor 2 tak dengan transfer port injection (TPI)
Sering dengan di larang nya motor 2 tak di indonesia di barengi dengan stop produksi dari pabrikan asal jepan dengan motor andalannya Rk King dan NInja 150r.

kedua motor "raja" itu sekarang sudah berhenti produk si, namun sebenarnya kedua motor raja nya 2 tak itu tidak pernah kehilangan konsumen, 
pernah di beritakan bahwa harga motor Ninja 150 rs/ss hampir tembus hingga 150 juta, bisa seharga mobil !!!

Dari situlah KTM tetap memproduksi motor tail nya dengan mesih 2 tak Enduro namun di tambah dengan teknologi injeksi.

aturan ketat perihal Emisi Gas buang ini lah yang mendasari KTM "merubah" sedikit konfigurasi pada mesin agar tetap ramah lingkungan.

namun untuk teknologi ini hanya ada pada kelas enduro, untuk motor sport nya dari KTM belum bisa memastikan apakah akan di buat juga, mengingat pasar motor 2 tak masih tinggi di Indonesia.
Apakah bro sekalian tertarik dengan motor ini?

Gua sendiri berharap Agar Pabrikan Motor 2 tak asal jepang juga bisa memproduksi kembali motor 2 tak nya, namun harus sedikit di modifikasi bagian mesin nya agar lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi Detail KTM 250 XCP-TPI

ENGINE

DISPLACEMENT : 249 cm³

BORE : 66.4 mm

STROKE 72 mm

PRIMARY DRIVE 26:73

SECONDARY GEAR RATIO 14:50

CHASSIS

SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 300 mm

SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 310 mm

FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 260 mm

REAR BRAKE DISC DIAMETER : 220 mm

STEERING HEAD ANGLE : 63.5 °

WHEELBASE : 1482 ± 10 mm

GROUND CLEARANCE : 370 mm

SEAT HEIGHT : 960 mm

TANK CAPACITY (APPROX.) : 9 l

WEIGHT READY TO RACE (WITHOUT FUEL) : 103.5 kg

 

Ad Placement