kali ini kita mau coba review motor matic dari yamaha keluaran tahun 2015. Yesss... yamaha Xeon GT.
Design motor ini hampir sama kaya Mio Soul, kalo lihat seklebatan mirip banget, dan gua kalo pas di parkiran liar, pas abang nya tanya :"motor apa mas?" | "mio Soul" ribet kalo nyebutin Xeon GT, orang kurang familiar dengan motor ini
Design motor ini hampir sama kaya Mio Soul, kalo lihat seklebatan mirip banget, dan gua kalo pas di parkiran liar, pas abang nya tanya :"motor apa mas?" | "mio Soul" ribet kalo nyebutin Xeon GT, orang kurang familiar dengan motor ini
yahama xeon sendiri sebetulkan sudah beberapa kali update motor ini, yang pertama ada Xeon RC dan Xeon GT 125 Eagle Eye.
xeon gt 125 spesifikasi adalah sebagai berikut
DIMENSI | |
---|---|
P X L X T | 1.855 mm X 700 mm X 1.070 mm |
JARAK SUMBU RODA | 1.265 mm |
JARAK TERENDAH KE TANAH | 135 mm |
TINGGI TEMPAT DUDUK | 760 mm |
BERAT ISI | 101 Kg |
KAPASITAS TANGKI BENSIN | 3,8 Liter |
MESIN | |
---|---|
TIPE MESIN | 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan |
JUMLAH / POSISI SILINDER | Silinder Tunggal / Mendatar |
DIAMETER X LANGKAH | 52,4 X 57,9 mm |
PERBANDINGAN KOMPRESI | 10,9 : 1 |
DAYA MAKSIMUM | 11,4 PS (8,4 kW) / 9.000 rpm |
TORSI MAKSIMUM | 10,4 N.m (1,06 kgf) / 6.500 rpm |
SISTEM STARTER | Electric Starter dan Kick Starter |
SISTEM PELUMASAN | Basah |
KAPASITAS OLI MESIN | 0,9 Liter / Perawatan Berkala : 0,8 Liter |
SISTEM BAHAN BAKAR | (Fuel Injection System) YMJET-FI |
TIPE KOPLING | Kering, Kopling Sentrifugal |
TIPE TRANSMISI | V-belt Otomatis |
POLA PENGOPERASIAN TRANSMISI | Otomatis |
kelemahan xeon gt
gua langsung saja fokus ke kelemahannya motor ini.
motor ini boros nya minta ampun, Boroooss nya kebangetan, mungkin ini adalah motor paling boros di tahun 2015 sampau tahun 2018.
konsumsi bahan bakar nya sendiri, selama gua pake motor ini adalah.
Rp 16.000 2,05L Pertalite untuk jarak 60an KM, Dimana motor motor sekelas nya konsumsi bahan bakar nya adalah 1Liter pertalite untuk 50Km/L untuk motor matic dan 60an/L km untuk motor Bebek.
itu berarti, konsumsi nya 2 kali lebih banyak dari motor motor biasa.
padahal kita tahu, motor ini sudah Injeksi, tapi Boros nya ngalah ngalahi motor 2 tak. gila sih...!!!
dan yang paling sebel adalah tarikan xeon gt 125 berat, tarikan awal memang rada berat, rada ngeden dulu di awal, setelah nya tetep berat, tenaga juga ga nampol nampol amat, maksimal kecepatan juga sama seperti matic matic 113cc pada umumnya, meskipun ini sudah 125cc, tapi sama saja.
Dan satu lagi yang kurang dari motor ini, motor ini pas pertama beli, dari pabrik nya ngasih ban kecil bro, keliatan kaya cungkring banget di kaki kaki nya. tapi sekrang sudah gua ganti dengan ukuran 90-80/14 dan 80-70/14
gua rasa, ini motor tidak cocok untuk harian, karena memang dari konsumsi bahan bakar tadi yang boros nya minta ampun
kelebihan yahaha xeon Gt adalah ?
- Bagasi lebar & buka bagasi bisa langsung dari kunci depan, jadi tidak perlu lagi lepas kunci trus pindah kebelakang.
- Jok yang empuk banget, dan ga cepet panas.
sebelum pake motor ini, gua pake motor Honda Beat PGM-Fi, itu jok nya bener bener keras dan cepet panas, perjalanan 60menit bokong sudah terasa sakit. berbeda dengan motor ini, perjalanan 2 jam baru kerasa sudah ga nyaman. Nomer 1 dah kalo masalah kenyamanan duduk.
- Pake pendingin cairan, ga tau seberapa efektif nya pendingin ini, padahal motor yamaha yang terbaru dengan CC 125, tapi tidak menggunakan pendingin cairan dan tidak masalah. dan motor ini masih tetep panas juga. pernah sekali telat ini pendingin cairan, ga ada masalah sama sekali pada motor.
- Jok yang empuk banget, dan ga cepet panas.
sebelum pake motor ini, gua pake motor Honda Beat PGM-Fi, itu jok nya bener bener keras dan cepet panas, perjalanan 60menit bokong sudah terasa sakit. berbeda dengan motor ini, perjalanan 2 jam baru kerasa sudah ga nyaman. Nomer 1 dah kalo masalah kenyamanan duduk.
- Pake pendingin cairan, ga tau seberapa efektif nya pendingin ini, padahal motor yamaha yang terbaru dengan CC 125, tapi tidak menggunakan pendingin cairan dan tidak masalah. dan motor ini masih tetep panas juga. pernah sekali telat ini pendingin cairan, ga ada masalah sama sekali pada motor.
yang lain gua rasa ga ada ya, standar seperti motor lainnya.
yamaha xeon gt 125 vs honda vario 125 ?
kita ga perlu bandingin jauh jauh ya, gua rasa sih masih mending vario 125, tapi gimana menurut teman teman, mana yang lebih baik
GK jg
BalasHapusGw pake 1 liter dapet 45 km kadang 48 km🙄
BalasHapusBneran boros bro? Soalnya ane baru mau minang nih motor,ane suka ke desainnya
BalasHapusWaduh pada beruntung kalo irit ya
BalasHapuskalo motor yang saya pake ini kerasa boros nya, udah di servis ke bengkel resmi pun tetep masih krasa boros,
Ente gmna gan maenin gas nya,lgsg d bejek apa d urut dlu ? Kalo d urut kaya ny ga mngkin deh ,kalau d bejek lgsg,mw beat sekalipun pasti boros
BalasHapusPake nya pelan banget om. ga sampe di bejek.. tetep aja rasanya bensin cepet habis., mungkin karna efek pindah dari revo ke matic kali.
BalasHapusBner bgt gan....itu motor kyk XEONG g bs lari brrat tarikanya.
BalasHapussenasib
HapusSaya pake mah enak bnget. Mtor baru dtang trus saya ubah setelan kelepnya. Kampas ganda sya bikin rapet biar nggigit... Oli mesin pake fastron..
BalasHapusSama si xeon rc boros mana ya? nie baru minang xeon rc di 2022
BalasHapusDesign nya bagus tapi ya kaya robot tapi borosnya ini ada beberapa karakter matic di indonesia contoh ada yang lemot di putaran bawah tapiiiii di atasnya galak tarikannya..dan ada yang di putaran bawah galak passs di putaran atas melehoyyyy alias letoy
BalasHapusAne baru angkut ni motor di 2020 awal, konsumsinya sih bisa 112km dgn isi 18rb pertalite (lumayan lah gak seirit nex 2 yang katanya smpe 100km per liter, motornya masih awet si smpe 2022 ini. Ya paling gaenak di tenaganya aja, masih kalah sama beat ��. Padahal service rutin di yamaha
BalasHapusGua mh nyaman nyaman ajjh, dah pake Xeon GT bndunng Purwakarta hbis 1,5 liter cukup irit, kendala di MotoGP Xeon GT cuman satu penyakitnya perliatrikan eror sering bocor arus, aki barupun dua hari langsung lemah
BalasHapusApa cuman saya yg beda ya
BalasHapusYg gw rasain
Irit BBM,nusuk di ujung
Cuman pake roler std + per cvt 1500:)
Enak x untuk lurusan
Xeon GT 125 sy Boros BBM, Sdh d setting d service rutin, gmnpun ttp aja 2x lbh boros drpd matic2 lainnya. Klo soal tarikannya sdh sy setting CVT nya agr lbh soft d akselerasi tapi dpt d Top Speed nya. Namun ttp sj msh boros. Idle langsam sering x bermasalah. Handling Capek, tangan sering kebas & bantingan suspensi dpn jg keras. Menurut sy motor Xeon GT125 ini tdk recomended krn byk minus nya.
BalasHapusAne beli xeon gt bekas, tahun 2014 akhir.
BalasHapusSering bolak balik BSD TangSel - Bekasi. Kerja di Tangsel Istri bekasi.
Sebelum beli xeon ane pake byson bore up 185cc.
Perbandingan gak begitu jauh sama Byson ane, bisa di bilang 11 dan 12 lah borosnya, borosan byson.
BSD ke bekasi jarak kurang lebih 50km.
Ane sebelum ke bekasi isi pertalite full tank 3 liter 30rb.
Buat bolak balik 100km masih sisa sedikit.
Bisa disimpulkan untuk tempuh 50km butuh 1.5 liter kurang lebih.
Cuman ane seneng dengan mesin nya.
Dibanding motor matic 125cc sekelas nya.
Apalagi dibandingkan sama vario, jauh..