Jumat, 25 Mei 2018

Yamaha Xeon GT 2015, Matic Injeksi Boros !!!!

kali ini kita mau coba review motor matic dari yamaha keluaran tahun 2015. Yesss... yamaha Xeon GT.

Design motor ini hampir sama kaya Mio Soul, kalo lihat seklebatan mirip banget, dan gua kalo pas di parkiran liar, pas abang nya tanya :"motor apa mas?" | "mio Soul" ribet kalo nyebutin Xeon GT, orang kurang familiar dengan motor ini

yahama xeon sendiri sebetulkan sudah beberapa kali update motor ini, yang pertama ada Xeon RC dan  Xeon GT 125 Eagle Eye.

xeon gt 125 spesifikasi adalah sebagai berikut

DIMENSI
P X L X T1.855 mm X 700 mm X 1.070 mm
JARAK SUMBU RODA1.265 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK760 mm
BERAT ISI101 Kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN3,8 Liter
MESIN
TIPE MESIN4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
JUMLAH / POSISI SILINDERSilinder Tunggal / Mendatar
DIAMETER X LANGKAH52,4 X 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI10,9 : 1
DAYA MAKSIMUM11,4 PS (8,4 kW) / 9.000 rpm
TORSI MAKSIMUM10,4 N.m (1,06 kgf) / 6.500 rpm
SISTEM STARTERElectric Starter dan Kick Starter
SISTEM PELUMASANBasah
KAPASITAS OLI MESIN0,9 Liter / Perawatan Berkala : 0,8 Liter
SISTEM BAHAN BAKAR(Fuel Injection System) YMJET-FI
TIPE KOPLINGKering, Kopling Sentrifugal
TIPE TRANSMISIV-belt Otomatis
POLA PENGOPERASIAN TRANSMISIOtomatis
kelemahan xeon gt

gua langsung saja fokus ke kelemahannya motor ini.

motor ini boros nya minta ampun, Boroooss nya kebangetan, mungkin ini adalah motor paling boros di tahun 2015 sampau tahun 2018.

konsumsi bahan bakar nya sendiri, selama gua pake motor ini adalah.

Rp 16.000 2,05L Pertalite untuk jarak 60an KM, Dimana motor motor sekelas nya konsumsi bahan bakar nya adalah 1Liter pertalite untuk 50Km/L untuk motor matic dan 60an/L km untuk motor Bebek.

itu berarti, konsumsi nya 2 kali lebih banyak dari motor motor biasa. 

padahal kita tahu, motor ini sudah Injeksi, tapi Boros nya ngalah ngalahi motor 2 tak. gila sih...!!!

dan yang paling sebel adalah tarikan xeon gt 125 berat, tarikan awal memang rada berat, rada ngeden dulu di awal, setelah nya tetep berat, tenaga juga ga nampol nampol amat, maksimal kecepatan juga sama seperti matic matic 113cc pada umumnya, meskipun ini sudah 125cc, tapi sama saja.

Dan satu lagi yang kurang dari motor ini, motor ini pas pertama beli, dari pabrik nya ngasih ban kecil bro, keliatan kaya cungkring banget di kaki kaki nya. tapi sekrang sudah gua ganti dengan ukuran 90-80/14 dan 80-70/14

gua rasa, ini motor tidak cocok untuk harian, karena memang dari konsumsi bahan bakar tadi yang boros nya minta ampun

kelebihan yahaha xeon Gt adalah ?

- Bagasi lebar & buka bagasi bisa langsung dari kunci depan, jadi tidak perlu lagi lepas kunci trus pindah kebelakang.

- Jok yang empuk banget, dan ga cepet panas.
sebelum pake motor ini, gua pake motor Honda Beat PGM-Fi, itu jok nya bener bener keras dan cepet panas, perjalanan 60menit bokong sudah terasa sakit. berbeda dengan motor ini, perjalanan 2 jam baru kerasa sudah ga nyaman. Nomer 1 dah kalo masalah kenyamanan duduk.

- Pake pendingin cairan, ga tau seberapa efektif nya pendingin ini, padahal motor yamaha yang terbaru dengan CC 125, tapi tidak menggunakan pendingin cairan dan tidak masalah. dan motor ini masih tetep panas juga. pernah sekali telat ini pendingin cairan, ga ada masalah sama sekali pada motor.

yang lain gua rasa ga ada ya, standar seperti motor lainnya.

yamaha xeon gt 125 vs honda vario 125 ?

kita ga perlu bandingin jauh jauh ya, gua rasa sih masih mending vario 125, tapi gimana menurut teman teman, mana yang lebih baik

16 komentar

  1. Gw pake 1 liter dapet 45 km kadang 48 km🙄

    BalasHapus
  2. Bneran boros bro? Soalnya ane baru mau minang nih motor,ane suka ke desainnya

    BalasHapus
  3. Waduh pada beruntung kalo irit ya

    kalo motor yang saya pake ini kerasa boros nya, udah di servis ke bengkel resmi pun tetep masih krasa boros,

    BalasHapus
  4. Ente gmna gan maenin gas nya,lgsg d bejek apa d urut dlu ? Kalo d urut kaya ny ga mngkin deh ,kalau d bejek lgsg,mw beat sekalipun pasti boros

    BalasHapus
  5. Pake nya pelan banget om. ga sampe di bejek.. tetep aja rasanya bensin cepet habis., mungkin karna efek pindah dari revo ke matic kali.

    BalasHapus
  6. Bner bgt gan....itu motor kyk XEONG g bs lari brrat tarikanya.

    BalasHapus
  7. Saya pake mah enak bnget. Mtor baru dtang trus saya ubah setelan kelepnya. Kampas ganda sya bikin rapet biar nggigit... Oli mesin pake fastron..

    BalasHapus
  8. Sama si xeon rc boros mana ya? nie baru minang xeon rc di 2022

    BalasHapus
  9. Design nya bagus tapi ya kaya robot tapi borosnya ini ada beberapa karakter matic di indonesia contoh ada yang lemot di putaran bawah tapiiiii di atasnya galak tarikannya..dan ada yang di putaran bawah galak passs di putaran atas melehoyyyy alias letoy

    BalasHapus
  10. Ane baru angkut ni motor di 2020 awal, konsumsinya sih bisa 112km dgn isi 18rb pertalite (lumayan lah gak seirit nex 2 yang katanya smpe 100km per liter, motornya masih awet si smpe 2022 ini. Ya paling gaenak di tenaganya aja, masih kalah sama beat ��. Padahal service rutin di yamaha

    BalasHapus
  11. Gua mh nyaman nyaman ajjh, dah pake Xeon GT bndunng Purwakarta hbis 1,5 liter cukup irit, kendala di MotoGP Xeon GT cuman satu penyakitnya perliatrikan eror sering bocor arus, aki barupun dua hari langsung lemah

    BalasHapus
  12. Apa cuman saya yg beda ya
    Yg gw rasain
    Irit BBM,nusuk di ujung
    Cuman pake roler std + per cvt 1500:)
    Enak x untuk lurusan

    BalasHapus
  13. Xeon GT 125 sy Boros BBM, Sdh d setting d service rutin, gmnpun ttp aja 2x lbh boros drpd matic2 lainnya. Klo soal tarikannya sdh sy setting CVT nya agr lbh soft d akselerasi tapi dpt d Top Speed nya. Namun ttp sj msh boros. Idle langsam sering x bermasalah. Handling Capek, tangan sering kebas & bantingan suspensi dpn jg keras. Menurut sy motor Xeon GT125 ini tdk recomended krn byk minus nya.

    BalasHapus
  14. Ane beli xeon gt bekas, tahun 2014 akhir.
    Sering bolak balik BSD TangSel - Bekasi. Kerja di Tangsel Istri bekasi.
    Sebelum beli xeon ane pake byson bore up 185cc.
    Perbandingan gak begitu jauh sama Byson ane, bisa di bilang 11 dan 12 lah borosnya, borosan byson.
    BSD ke bekasi jarak kurang lebih 50km.
    Ane sebelum ke bekasi isi pertalite full tank 3 liter 30rb.
    Buat bolak balik 100km masih sisa sedikit.
    Bisa disimpulkan untuk tempuh 50km butuh 1.5 liter kurang lebih.
    Cuman ane seneng dengan mesin nya.
    Dibanding motor matic 125cc sekelas nya.
    Apalagi dibandingkan sama vario, jauh..

    BalasHapus

Tuliskan Masukan kamu disini...

 

Ad Placement