Sabtu, 24 Juni 2017

Cara Memanfaatkan ODO Meter, TRIP 1 dan TRIP 2 Motor Vixion


Seperti Kita ketahuai, pada layar indikator ada menu ODO, Trip 1 dan Trip 2, Odo Meter adalah Berapa KM yang sudah motor tempuh sejak pertama di Buat, ODO meter tidak bisa di reset Jarak nya ke 0
Sedangan Untuk Trip 1 dan Trip 2 bisa kita seting kembali ke 0

baca juga : Rekomendasi 10 ban untuk musim hujan

Jika kita hobi touring, fasilitas Trip 1 dan Trip 2 pada Motor Vixion bisa kita manfaatkan, apalagi kalau kita hobi touring.

Trip 1 biasanya saya seting untuk pergantian Oli Berkala Setiap bulan nya, setiap habis mengganti Oli,,Trip 1 selalu di seting ke 0, dengan cara menekan tombol Set hingga ke menu Trip 1 dan kemudian tekan lagi sambil di tahan, maka ukuran nya kembali ke 0.

Trip 2 biasanya saya gunakan untuk melakukan perjalanan. misal nya kita akan pergi trouring ke tegal atau akan mudik dengan Vixion, maka kita harus tau dulu, berapa kira kira jarak dari jalarta ke tegal.

cara mengetahui jarak kasaran dari jakarta ke tegal adalah dengan menggunaakan google maps di handphone atau dengan komputer. 

Misalnya dari jarak kisaran Jakarta - Tegal adalah 321 KM

Maka dengan memanfaatkan Trip 2 pada indikator Vixion, kita bisa tahu, kita sudah menempuh Berapa KM dan tinggal menempuh Berapa KM lagi sisanya, atau dengan Diketahui jarak tersebut, maka kita bisa menentukan Setiap Berapa KM kita harus Istirahat, kalau saya biasanya setiap 100 Km akan istirahat dahulu, selain melemaskan badan, juga mendinginkan semantara motor, biar tidak terlalu di porsis.

itu tadi bagai mana cara saya memanfaatkan indikator jarak Pada motor vixion

Rabu, 21 Juni 2017

4 Barang Yang Wajib Di Bawa Bagi Pemudik Motor

Mudik sebentar lagi, persiapan sudah beres atau belum ?
biasanya orang orang fokus pada persiapan diri saat mau mudik, sering kali mengabaikan persiapan untuk kendaraan nya, terutama motor, banyak bagian penting yang harus tetap di jaga.
kita semua berharap agar bisa semalat sampai tujuan, namun terkadang nasib berkata lain, ada saja kendala yang ada di depan
maka dari itu, persiapan apa yang harus kita bawa agar bisa meminimalisir gangguan selama perjalanan
berikut beberapa tool yang saya bawa selama mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor Vixion
1. Tool Set, Kunci Pass
Mungkin sedikit merepotkan jika membawa tool set, namun lebih repot lagi jika terjadi masalah dengan motor dan kita tidak ada tool nya.
yang saya bawa adalah, standar kunci pas sesuai kebutuhan, dan kunci pass

2. Pelumas Rantai
Perjalan Dari Jakarta - Tegal kurang lebih 330an KM, dan dari Tegal - Jakarta 330Kman, jika bolak balik berarti sekitar 660an KM.
dari pengalaman saya, ketahanan Pelumas rantai hanya 100Km, pada KM tersebut rantai terasa sangat beriski, karena Pelumas rantai sudah mulai kering, apalagi jika perjalanan kamu terhambat oleh hujan, rantai motor akan lebih cepat kering.
Biasakan membawa pelumas rantai, mesikipun ukuran kecil, itu sangat berguna



3.  Jas Hujan
Jas Hujan termasuk barang penting yang harus kita bawa, terkadang cuaca bisa saja berubah ubah, jika kamu tidak suka menunggu berlama lama, akan lebih baik untuk menggunakan jas hujan.
selain berguna untuk menahan air hujan, jas hujan juga bisa di pakai saat udara dingin, karena dari bahan yang kedap udara.

4. Tissu basah
Mesikun Sederhana, Tisue basah juga termasuk barang yang penting, minimal juga kita merasa capet dan tidak ada tempat untuk cuci muka, bisa mengelap wajah kita dari kotoran dan debu jalan, dan juga bisa untuk membersihakn kaca helm dari debu, tujuan nya agar jarak pandang kita tidak berkurang saat perjalanan
itulah 4 barang yang bajib kita bawa saat perjalanan
kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi, meskipun tidak terjadi pada diri kita sapa tau terjadi pada orang lain dan kita bisa membantu nya.
Terimakasih
Atur Motor

Selasa, 20 Juni 2017

AP-77, Alternatif Pemulas Rantai Motor


Melanjutkan dari artikel Pelumas motor terbaik, kali ini coba review chainlube Merk AP-77 Chain Lubricant.



Kesan Pertama yang saya rasakan, rantai motor terasa halur, tidak ada suara brisik pada rantai, padahal kalau di lihat rantai agak sedikit kendur. sehari sebelum nya saya coba membiarkan rantai dalam keadaan kering terlebih agar bisa lebih terasa perbedaan nya. setelah itu besihkan rantai dengan kain lap dan semprotkan Chain lube Secara merata.

Terasa sekali perbedaan antara saat kering dan di beri pelumas rantai AP-77, dari suara berisik yang hilang, hingga getaran pada bagian belakan juga berkurang.

Setelah seharian memakain, pelumas ini terasa lebih nempel awet dari pada menggunakan KIT chain lube.

Artiker terkait: Pilih Gear Set Sinnob Atau SSS

Namun ada hal yang membuat saya heran adalah minyak yang nempel pada rantai menjadi sedik kehitaman, apak ini prosen pembersihan sisa sisa minya sebelum nya, atau pembersihan pada bagian yang sudah berkerak.

Kalo dari segi Harga, pelumas ini lebih terjangkau dari pada merk merk lain nya, yaitu di bawah Rp 15.000 ukuran 300Ml Sumber Tokopedia & Bukalapak


Terimakasih
AturMotor

Senin, 12 Juni 2017

Solusi Mudah Lampu Sein Vixion Mati Total, Apa Penyebabnya ?

Flaser Sein vixion
Kali ini atur motor akan memberikan sedikit solusi tentang sein vixion mati total. 
karen kejadian ini mendadak, tiba tiba sein mati total.

sempat bingung apakan karena switch di stang yang kendala, atau sirkuit kabel di motor ada yang putus.

setelah saya cari tau lebih lanjut di beberapa blog ternyata kendalanya simple, hal ini terjadi karena flasher sein vixion sudah mati dan memang harus di ganti.
Flasher sudah berkarat, terkena air
Mungkin karena sudah lama, dan sering kemasukan air waktu cuci motor, jadi flasher ini jadi berkarat, kalau kamu dalam keadaan di jalan tan tidak ada bengkel yang menjual perangkat ini, kamu bisa melakukan hal ini.

Dengan menggunakan kawat atau kabel pendek, lalu hubungkan antara slot nya, dengan melakukan hal ini, maka lampu sein akan menyala, namun tidak ber kedip. 

Dalam Keadaan darurat, bisa menggunakan kawat atau kabel pendek
Saya kebetulan kemarin sempat mencoba cara ini, tak ternyata menyala tanpa kedip, tandanya memang flasher ini bermasalahm dan harus di ganti.

Harga flasher sein befariatif, AturMotor membeli di bengkel di daerah Jl raya bogor dengan harga kira kira Rp 25.000 rupiah.

Cara menggantinya pun gampang ya, karena flasher sein vixion sendiri sudah ada dudukan nya yang pas.

Demikian tadi solusi jika lampu sein vixion mati total, hanya dengan menggnati flasher sein vixion dengan yang baru

Semoga artikel Ini bermanfaat

Salam
AturMotor

Kamis, 18 Mei 2017

Mesih 2 tak Teknologi Injeksi, KTM Berhasil Ciptakan Motor 2 Tak Injeksi

KTM 250 EXC TPI
KTM 250 EXC TPI, Motor 2 Tak Teknologi Injeksi ramah lingkungan 

Kali ini KTM Akhirnya berhasil mengembangkan Motor 2 tak dengan transfer port injection (TPI)
Sering dengan di larang nya motor 2 tak di indonesia di barengi dengan stop produksi dari pabrikan asal jepan dengan motor andalannya Rk King dan NInja 150r.

kedua motor "raja" itu sekarang sudah berhenti produk si, namun sebenarnya kedua motor raja nya 2 tak itu tidak pernah kehilangan konsumen, 
pernah di beritakan bahwa harga motor Ninja 150 rs/ss hampir tembus hingga 150 juta, bisa seharga mobil !!!

Dari situlah KTM tetap memproduksi motor tail nya dengan mesih 2 tak Enduro namun di tambah dengan teknologi injeksi.

aturan ketat perihal Emisi Gas buang ini lah yang mendasari KTM "merubah" sedikit konfigurasi pada mesin agar tetap ramah lingkungan.

namun untuk teknologi ini hanya ada pada kelas enduro, untuk motor sport nya dari KTM belum bisa memastikan apakah akan di buat juga, mengingat pasar motor 2 tak masih tinggi di Indonesia.
Apakah bro sekalian tertarik dengan motor ini?

Gua sendiri berharap Agar Pabrikan Motor 2 tak asal jepang juga bisa memproduksi kembali motor 2 tak nya, namun harus sedikit di modifikasi bagian mesin nya agar lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi Detail KTM 250 XCP-TPI

ENGINE

DISPLACEMENT : 249 cm³

BORE : 66.4 mm

STROKE 72 mm

PRIMARY DRIVE 26:73

SECONDARY GEAR RATIO 14:50

CHASSIS

SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 300 mm

SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 310 mm

FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 260 mm

REAR BRAKE DISC DIAMETER : 220 mm

STEERING HEAD ANGLE : 63.5 °

WHEELBASE : 1482 ± 10 mm

GROUND CLEARANCE : 370 mm

SEAT HEIGHT : 960 mm

TANK CAPACITY (APPROX.) : 9 l

WEIGHT READY TO RACE (WITHOUT FUEL) : 103.5 kg

Selasa, 16 Mei 2017

Komponen Wajib Saat Service Motor Sebelum Mudik Lebaran

Mudik lebaran sebentar lagi bro. motor lu sudah di service apa belum ?
jangan sampe kita lupa service.

wajib hukumnya motor di service sebelum melakukan perjalanan jauh.

service motor bukan sekedar ganti Oli atau cek bagian luar nya aja.

tidak ada salahnya  sesekali motor kita masuk ke bengkel resmi, karena di bengkel resmi biasanya pengecekan akan lebih teliti, bahkan hal hal yang sepele pun bisa saja ketahuan.

pengalaman saya yang sesekali service di bengkel resi untuk si Vixion
hal hal yang tidak terduga seperti filter oli, filter udara, aki yang kurang, kampas kopling dan hal hal yang tidak terlihat lain nya, setelah masuk bengkel resmi langsung ketahuan.

belum lagi bearing bearing yang sudah aus, bahaya kalau masih di paksakan
nah beberapa waktu lalu, si Vixi kembali masuk bengkel resmi langganan di Klapa Dua-Depok. Lokasi nya setelah rumah sakit...

kode Bengkel resminya ...

gua biasanya setiap 3 bulan-4 bulan sekali mampir ke bengkel ini, jadi dalam satu tahung minimal 3 kali masuk bengkel resmi, selebihnya ganti oli aja setiap bulan
dari sini ketahuan banyak banget yang harus di ganti.

awal nya renca cuma mau ganti komstir yang sudah oblak, tapi ternyata ada part yang harus di ganti
antara lain

Busi

Filte udara

bearing swing arm

dan ada lagi yang lain, tapi gua ga inget, karena tambahan itu gua skip dulu, mengingat budget nya juga tipisss.. hehehhe

beberapa part yang gua ganti adalah berikut



1. Busi NGK R.CR8E                    : Rp 13.500

2. Bulb Headlamp (Lampu Depan) : Rp 68.000

3. Yamalub Oil Sport                     : Rp 21.000

4. Perangkat Komstir

- Kit Race Ball                              : Rp 77.000

-Bearing, Streering                        : Rp 108.000

-Plan Bearing                  : Rp 39.000

Biaya Lain nya adalah

1. Service RIngan                           : Rp 50.000

2. Biaya Pasang 1 set Komstir : Rp 40.000

3. Biaya Pasang Lampu                  : Rp 10.000

Total yang harus keluar adalah : Rp 446.500

Mahal Broooohhh !!!

Kebanyakan Biaya!!

dan itu masih belum beres semua, masih ada part yang belum gua ganti, biaya bisa lebih dari itu.
makanya gua jarang masuk ke Bengkel Resmi, cukup 3 bulan sekali saja.

kenap gua memaksakan untuk masuk bengkel resmi, karena di setiap bengkel itu punya setingan standar untuk motor tertentu, jadi motor kita di jadikan kembali ke setandar pabrik, termasuk setingan dari Gas Buang, di bengkel ini motor gua juga di cek untuk Uji Emisi Gas buang, apakah putara mesin sudah sesuai dengan konsumsi bahan bakar nya atau tidak, agar tidak boros BBM vrooohh
Sekedar tips yang perlu kamu semua lakukan pengecekan adalah

1. Ban
Kondisi ban harus masih bagus bro. minimal kembang nya masih ada. kalau di lihat ban sudah aus atau tidak ada kembang nya, lebih baik untuk segera di lakuka pergantian.
mengingat ban adalah komponen penting pada motor, pengereman juga akan lebih sempurna jika kondisi ban masih bagus

2. Kampas Rem.
sebelum mudik, coba cek dan rasakan, apakah pengereman sempurna atau tidak
biasa nya ini sih main filing aja, kalau pas ngerem tapi motor masih lari kenceng dan ngluyur, berarti kampas sudah harus di ganti, juga kalau sudah ada bunyi gesekan pada rem, berarti memang sudah waktu nya untuk segera di ganti

3. Gear dan Rantai
apakah gear sudah runcing atau belum, dan rantai apakan sudah kendor atau belum
terkadang rantai yang sudah harus di ganti tidak ada bunyi sama sekali, hanya sering lepas pada saat di kendarain
sebaiknya lakukan pergantian, mengingat perjalanan untuk mudik relatif jauh, kita tidak mengharap da kejadian apa apa di jalan, agar selamat sampai tujuan

4. Aki dan stater
jika menggunakan aki basah, cek air aki nya, apakah sudah tipis
jika dengan aki kering, bisa pada saat service ke bengkel resmi, apakah powernya sudah turun atau belum, karena jika aki sudah jelek, terkadang motor susah di hidupkan.

5. Oli
cek oli kamu sebelum perjalan jauh, sebaiknya sebelum perjalanan ganti oli dulu, mesikupn kondisi oli baru di pakai 80%
kawatir putaran mesih akan berat jika tetap di paksakan menggunakan oli setengah pakai untuk mudik

6. Lampu Depan Belakan dan Sein
pastikan lampu jauh dan pendek berfungsi normal dan untuk lampu belakan pastikan lampu idle dan rem menyala

7. Stang atau kemudi
apakah sudah oblak atau belum.

8. Bodi motor
Coba geber motor kamu dalam keadaan diam, apakah ada bunyi yang aneh pada saat di geber, segera periksa dan pastikan. pastikan itu adalah hal yang biasa saja, kangan sampai ada komponen yang kendor.

itu tadi beberapa bagian yang harus di cek sebelum kamu sekalian melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman

Yang lebih asik lagi DI bengkel Ini adalah, Vasilitas nya yang cukup lengkap
Pas awal dateng, motor kita di cuci dulu agar bersihan dikit.

setelah kita masuk ke dalam area bengkel, selanjutnya kita akan di suguhi minuman gratis dan kua (kalau masih pagi)
ada juga vasilitas seperti Korsi pijat dan Playstation 2, tapi jumlahnya terbatas ya, jadi harus gantian.

vasilitas dan service nya detail bro, jadi dalam proses perbaikan jika si montir nemu yang kurang pas, maka kamu langsung di ajak meeting untuk masalah ini, keputusan untuk mengganti tetap ada pada si pemillik motor.

perasaan gua setelah motor selesai service, memang rada berbeda bro, awal nya motor terasa sedikit berat di tarikan, padahal oli rajin ganti, BBM pun minimal pertalite. 
juga RPM tinggi brisik dan bergetar, setelah keluar sudah lebih alus. mungkin sudah pada kendor ni bearing bearing nya
di bengkel ini alat nya cukup komplit, sampe kamera kecil yang masuk ke mesin pun ada, jadi ketahuan bro sekalian rajin ganti oli atau tidak. hhehehhe

Pesan Gua bro..

sayangi motor lu, sesekali kasih servis yang bagus, jangan asal ganti Oli, takut takut di jalan ada apa apa, lebih baik keluarin duit lumayan tebel yang penting motor kesayang lu tetep awet meski sudah berumur
thnk

AturMotor

Minggu, 16 April 2017

Review Behel Yamaha r15 Untuk New Vixion Advance


bro semua sering kan merasa geser motor vixion rada susah gara gara pegangannya kurang mantap, atau mika atas lampu belaka sudah baret?

aturmotor coba memberikan testimoni soal pemggunaan behel new vixion lightning.





jadi sebenernya vixion sendiri sudah ada bahel nya di bagian samping jok motor, tapi aturmotor merasa genggamannya kurang mantap, jadi rada sudah buat di geser.

makana AturMotor ambil keputusan untuk menambah bahel motor agar mudah kalau mau geser geser, tentu saja tujuan utama nya adalah untuk pegangan belakang new vixion

behel nya sendiri menggunkaan design dari behel yamaha r15 versi pertama, yang bodinya persis dengan bodi vixion ditambah vairing. kita tidak usah bahas r15 lama nya, kita fokus ke behel nya aja ya bro

berikut cara pemasangan nya



karena design dari behel ini mengikuti dudukan dari bait di bawah jok, jadi tinggal pasang

tingal di pasang baut dengan ukuran 12 yang lebih panjang sediki dari baut bawaan.

ukuran nya sudah presisi, jadi tidak usah khawatir bakal oblak atau mengganggu bodi motor vixion bro sekalian

barang ini aturmotor dapat dari teman sendiri yang kebetulan punya usaha bubutan, jadi bisa request bentuk nya. harga behel yamaha vixion pada saat itu aturmotor tebus dengan harga kisaran Rp. 150.000 plus Ongkos kirim dari Tegal - jakarta

Manfaat

- Pegangan Mantap.

Setelah pemasangan ini, aturmotor merasa lebih mantap saat akan menggeser motor

tukang parkir aja sekarang lebih gampang kalau mau bantu geser geser motor, hehehehe

- Melindungin Lampu Belakang

Sebelum

Simulasi saat berboncengan, tas akan bertumpu pada lampu belakang.

Hal ini sering menyebabkan lampu baret, bahkan bisa oblak.



Sesudah

Dengan adanya bahel, maka tas akan tertumpu pada bahel. lampu belakan menjadi lebih aman



tujuan nya agan si pembonceng yang membawa tas, tas nya tidak bertumpu langsung ke lampu belakan
dengan behel lampu belakang lebih aman bro.


- Lebih Stylish


terlihat lebih keren di bagian belakang. lebih mantap..

Kesimpulan

modifikasi motor boleh aja bro, asal manfaat nya banyak

sedikit mendambahkan part kecil tapi banyak manfaat itu masih lebih baik dari pada kebanyakan part yang gede gede tapi cuma buat gaya gayaan.

note:

o iya, bro sekalian ga bisa pasang box belakang, nanti jadi tumpang tindih. lebih bail pilih salah satu yang menurut bro sekalian lebih bermanafaat.

tengkyu

Kamis, 06 April 2017

Review 5 Pelumas Terbaik Untuk Rantai Motor

Pelumas rantai adalah bagian terpenting dalam perewatan rantai, jangan pernah tergiur untuk menggunakan oli bekas karena rantai jadi cepat aus dan kendor.

juga dapat merusak kompinen komponen motor.

aturmotor baca baca di beberapa web sih begitu.

kaya karet kena minyak aja gan, melas kalo di rendem kelamaan..

asal kamu tau, keausan rantai bukan terjadi karena pemakaian juga, tapi kebersihan rantai juga menjadi faktor terpenting.

kamu pasti pernah berfikir, kalau  motor Honda Grand atau Motor Motor Lama yang ada boks rantai nya, pasti merasa kalau rantai motornya awet, jarang sekali terjadi kendor atau ganti ganti rantai.

tau kan apa sebab nya, yups..

karena rantai nya selalu bersih, dan sedikit sekali kena kotoran.

asal kamu tau, umur rantai lebih pendek jika sering terkena air, kotoran serta minim perawatan, usia rantai yang seharus nya mencapai 2 tahun, namun karena kurang perawatan maka hanya berkisar setahun sampai setahun setengah.

Oleh karena itu, karena aturmotor motor nya bukan type astrea grand yang ada boks nya, maka biasa nya setiap hari libur atau ada waktu, sempatkan untuk membersihkan rantai.


Nah yang akan kita bahas adalah bagai mana cara membersihkan rantai dan sih rekomendasi minyak/pelumas rantai yang bagus ?

Jika sebelum nya kita sering menggunakan Oli Bekas sebagai pelumas, yu segera tobat.. motor kamu sudah terlalu buluk, kasihan broo..

AturMotor kebetulan punya dokumentasi membersihkan rantai yang sudah kotor karena oli dan debu


Cara Membersihkan Rantai dan Gear yang Sudah Kotor


4 bahan yang harus di siapkan cukup mudah, berikut bahan nya

1. Bensin, Bensin ampuh untuk merontokan kotoran minyak yang nempel pada gear dan rantai
2. Sikat, Untuk menyikat tentunya, biar debu semua tersapu
3. kain, sekedar untuk mengelap gear dan rantai
4. tentu saja gear dan rantai nya. kebetulan ada gear Sinnob yang habis di lepas dan di ganti dengan gear SSS Vixion

langkah berikut nya adalah membersihkan..



5 Cara Cara Membersihkan Rantai yang benar
1. tuangkan bensin ke dalam wadah plastik.
2. siapkan sikat, kebetulan rantai yang ini sudah di lepas, jadi agak mudah
sikat merata pada bagian yang kotor, sampai bersih
3. lap denga kain, lap hingga bersih
4. Rantai dan gear sudah bersih
5. siapkan pelumas andalan kamu, semprotkan secara merata

Rantai dan gear kamu sudah resmi di rawat.. hehheee

Hasil Dari Bersih Bersih gear dan Rantai





gampang banget kan, memang gampang. yang susah adalah niat nya.. :D

masalah pelumas, aturmotor akan kasih Review Chail Lube yang biasanya ada di alfa mart atau bengkel motor

berikut daftar review pelumas rantai

1. Kit Motor Chain Lube, Harga Rp 24.600 di alfa


Merk kit chain lube memang  sudah tidak asing lagi bagi telinga biker di indonesia

moto dari Pelumas Motor ini adalah:

- HIgh tech anti karat,  setuju sih semu apelumas juga bilang anti karat

- anti friksi, mungkin magsud nya dalah memper halus gesekan antara gear dan rantai, sehingga mengurangi resiko ke ausan spare part

- efektif lebih lama, yang bagian ini gua kurang setuju, karena Kit Motor Chain lube cepet banget kering, pake pas sering banget kerasa rantai menjadi lebih kasar.

Kelebihan Kit
  • - Harga Lumayan terjangkau, masih di bawah 30Ribu
  • - Mudah Didapat, banyak yang jual
  • - Semprotan nya merata, rantai benar benar licin saat di semprot
  • - Cairan Nempel Banget pada Gear dan rantai
Kekurangan

- Kurang awet di pakai seharian, musti sering di semprot
- kena air langsung jadi kering, rantai jadi berisik,
- isi nya dikit, cuma 110ml. sudah isi nya dikit, trus ga awet.. Kelar rantai lu bro.. hehehe



Kit ini kurang rekomendasi, karena kualitas dan ketahanan nya kurang bagus, di pakai pas hujan rantai cepet banget kasar, dan pelumas cepat luntur. musti sering sering di semprot.


2. Mega Cool Chain Lube.



Kisaran Harga Rp 30.000 an di Alfa midi, di toko online lebih murah

sekarang aturmotor lagi coba pake ini, review nya begini

Kelebihan, 

- harga relatif murah, kalo di toko pedia harga bisa dapat sampai 20.000 bahkal lebih murah
- Isinya cukup banyak, lebih banyak dibanding Kit Chain lube
- Bisa di beli di mana saja, Alfa atau indo mart pasti ada
- bisa digunakan untuk apa pu, pustep, tuas kopling, bagian shock Breaker, engesel
- Lumayan encer, mudah meresap ke bagian tersempit di suku cadang.

kekurangan
- Encer juga kurang bagus, karena nyiprat ke velg, terliahat sekali bekas nya
- cepat kering, cairan silikon nya kurang awet melindungi rantai, musti rajin rajin di semprot

3. Kit GP-9


Harga Berkisar Rp 44.000an di alfa. Lumayan mahal broo...

mungkin di tokopedia bisa lebih murah..
dari beberapa artikel yang AturMotor Baca, Kit GP-9 Chain lube ini lumayan bagus dan layak untuk di rekomendasikan.

aturmotor belum bisa memberikan review banyak tetang kit gp-9, tapi ada beberapa point yang atur motor ambil, yaitu

- Isi lebih banyak dari KIT Motor Chail Lube

- Lebih Kental, cairan melekat lebih kuat pada rantai dan gear, jadi tidak mudah nyiprat ke velg

- sudah nano teknologi, jadi cairan bisa merembes pada bagian celah tersempit sekaligus, meskipun cukup 

kental, tapi masih bisa melumasi secara merata


- anti karat, ini yang penting nih. karena terkadang kalau motor sudah kehujanan kita malas buat bersihin, dengan kit gp-9 tidak perlu khawatir lagi, cairan nya aja udah masuk ke celah tersmpit jadi minin karat pada sparepart

4. 1-step, Cleaner and Rublican



Harga Sekitar Rp 49.000 di alfa

aturmotor tidak banyak nemu review tentang pelumas ini, kebanyakan dari blog blog bule,

mungkin nanti bisa di update kalo sudah coba pake pelumas ini

inti nya sih sama aja kaya pelumas lain. tidak nemu spesifikasi yang istimewa, tapi ada harga biasanya ada rupa, apa istimewa nya produk ini ?

nanti kita bahas kalau AturMotor sudah pake produk ini

5. Carrera Motor Chail Lube 



produk ini juga aturmotor belum sempat test, namun dari beberapa situs jual beli online sih seperti nya sapa saja seperti yang lai nya

Harga sekitar Rp 19.000an

point yang bisa aturmotor ambil dari situs jual beli online adalah

- chain lube yang mengantung excellent penetrant atau penetrasi yang luar biasa, mungkin magsud nya adalah menyerap sempurna ke rantai dan gear

- Cairan mengandung Silicon, mampu melindungin rantai dari korosi dan karat

- Aman untuk selain logam, seperti plastik dan karet

list harga Chail Lube di Alfa




Itu tadi cara membersihkan dan review singkat pelumas untuk rantai motor

Kesimpulan

inti nya sebaiknya jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai, rantai jadi tambak kotor dan susan untuk di bersihkan.

rutin bersihkan rantai setiap akhir pekan, cek ke kenduran raintai, usahakan tidak terlalu kendor, karena akan menurunkan performa motor.

Rajin semprot rantai dengan cairan khusus, agar usia rantai lebih lama

Sekian dari AturMotor
Terimakasih

Senin, 03 April 2017

Review Singkat Gear SSS New Vixion Lightning

Review Gear SSS 




Berikut mau coba share Gear Set SSS Pada Vixion

Setelah dengan rantai sebelum nya yang sudah memasuki masa ganti sparepart, yaitu dua tahun, maka gua putuskan untuk cari cari gear yang sesuai dengan spesifikasi..

sebelum nya gua pake gear set dari sinnob, tapi sekarang gua ingin coba dengan gear lain

setelah cari cari, ketemulah pilihan yang cocok, yaitu Gear Set SSS ratio 14:42

kenapa harus yang 14:42, nanti kita bahas lebih dalam..

awal nya memang rada susah cari yang sesuai dengan harapan, gua harus muter muter bengkel di jakarta, akhirnya ketemu juga bengkel di Jl raya Bogor, Tepat nya di Sebelah Jl Gandaria (Pangkalan Pasir), Jakarta Timur

Okeh..

pada saat pertama di pasang oleh mas montir, ternyata rantai SSS vixion masih terlalu panjang, jadi harus di potong beberapa mata rantai, agar ukuran nya pas...

setelah selesai pasang, coba puter roba belakang..

Gear SSS plus rantai ini memang presisi bro, ga ada suara klotok klotok...

putaran roda belakang pun halus, tidak ada sendatan pada rantai, 

setelah itu coba test dengan nyalakan mesin, motor dalam keadaan diam dan gas di geber,.

and yups, pada saat roda berputar tidak ada suara brisik pada gear dan rantai sss ini, semua presisi dan halus..

setelah itu  gua bayar lunas ke mbak mbak nya, gua tebus gear ini sekitar 470an ribu plus pasang.

memang rada mahal, tapi harga tidak membohongi kualitas bro..

baca juga : Musin Hujan datang, 10 hal yang musti kamu waspadai

Sebenernya sudah lumayan lama cari gear SSS dengan ratio 14:42.

akhirnya gua bisa dapat di salah satu bengkel di Jl Raya bogor, samping jalan gandaria, pangkalan pasir..

pas tau barang nya ready, cus lah pasang, ga usah pake lama, heeee...

Spesifikasi Gear dan rantai sss yang terpasang di vixion





1. Gear Depan SSS ukuran 14, harga sekitar Rp 70.000an





2. Gear Belakang SSS ukuran 42, harga sekitar Rp 130.000





3. Rantai SSS 428 HSBT (HEAVY DUTY) GOLD Colour, harga sekitar Rp 250.000




gua menggunaakan ratio 14:42 pada gear sss karena sebelum nya gua merasa puas dengan ratio tersebut pada saat pakai rantai sinnob. 

pada saat motor masih baru, ratio rantai nya 14:43 saat itu gua merasa napas cepet habis di track lurus.

Makanya ratio di turunkan 1 angka agar napas jadi lebih panjang.




kelebihan dan kekurangan gear sss

Kelebihan:

- Presisi
- Mata gear dan Mata Rantai lebih tebal dari sinnob atau rantai standar pabrik
- tidak ada getaran
- tidak berisik
- harga lebih murah dari gear set sinnob
- terlihat lebih gagah bro, dengan rantai warna gold

Kekurangan:
- harga lebih mahal dari gear set standar vixion, mungkin hampir 2 kali harga standar gear set
- susah di cari, apalagi kalau ingin spesifikasi tertentu

Kesimpulan

Overall gua puas dengan Gear SSS ini.

meskipun harganya lebih mahal, tapi untuk menjaga motor agar tetap terawat gua rasa tidak ada salah nya...

So,  mau menggunakan Gear SSS atau Standar dari Pabrik ? pilihan tergantung pada setiap rider masing masing..

 

Ad Placement