Sabtu, 05 Agustus 2017

Mesih CB150R bunyi Klotok Klotok, Begini Solusinya




Terkadang ada saat nya suara motor kita sudah tidak se alus pas pertama kalo beli, selain karena oli yang harus di ganti, ada juga penyebab lain nya yaitu Tensioner.

Tensioner sendiri adalah alat non-servis berkala yang berguna untuk menjaga ketegangan rantai keteng pada mesin agar ketegangan rantai keteng tetap terjaga.

cara kerjanya sama seperti perngkat tambahan pada rantai motor yang biasa adi pasng jika rantai yang udah kendur dan menjada randai agar tidak lepas dari gear, begitupun fungsi dari tensioner pada rantai keteng.

Jika rantai keteng sudah mengalami aus karena pemakaian yang sudah lama, maka suara mesin pun menjadi kasar meski sudah di ganti dengan oli terbaik pun.


Pada Beberapa kasus, modifikasi tensione secara ekstrim bisa menambah part ini dengan baut, agar rantai keteng lebih kencang dan presisi. kondisi ini bisa di lakukan jika motor kamu sudah berusia lebih dari 5 tahun, karena di pada usia 5 tahun ke atas, part part pada mesin motor suda sedikit mengalami keasudan, begitupun dengan rantai keteng.

hati hati dalam penerapkan baut pada tensioner, di khawatirkan justru jika rantai keteng mendapat tekanan dari tensioner terlalu kencang, spare part ini bisa malah cepat aus, tetap seting sesuai kebutuhan saja.

Selasa, 11 Juli 2017

Peninggi Setang, Part Tambahan Untuk Vixion Lighting Agar Posisi Duduk Lebih Nyaman

Peninggi stang vixion lightning standar harga sekitar 25rb an di daerah cibubur
Peninggi Stang Vixion

Setelah di release Vixion Lighning pada tahun 2013, model vixion selanjutkan hampir sama persis. hal yang paling saya sorot dari model model vixion sekarang adalah posisi setang yamaha vixion

tinggi saya sekitar 165an, saya merasa posisi duduk vixion terlalu meunduk, sehingga jika melakukan perjalanan lumayan lama akan sangat terasa pegal pada bagian pundak dan pinggang, selain itu pada telapak tangga terasa tertekan oleh badan, apa lagi kalau berboncengan, beban pada tangan bertambah berat.

maka dari itu saya mumutuskan untuk menambah Peninggi Setang Motor Vixion, tujuan nya agar stang setik lebih tinggi biar posisi duduk lebih nyaman.

setelah lumayan lama mencari, akhirnya dapet peninggi dengan harga sekitar 25.000, model nya setandar warna silver, tujuan nya memang bukan untuk modem, tapi untuk kenyamanan saat berkendara.

setelah selesai di pasang oleh sang montir, tibalah untuk mencoba

Peninggi Ini pan jangan sekitar 5cm, namun lumayan nyman juga rasanya. Badan tidak terlalu membungkuk dan posisi tangan juga lebih nyamaan, apa lagi saat berboncengan.

peninggi stang berguna untuk meninggi kan posisi stang, agar posisi riding lebih nyaman
PeninggiStang vixion

selain itu, masalah kabeh kabel pun tidak menjadi soal, jika kita mengganti setang yang lebih tinggi atau lebih panjang, biasanya kabel akan tertarik, atau biasanya kita harus membongkar lampu depan untuk mengeluarkan kabel kabel dari dudukan nya, tujuan nya agar kabel tidak tertarik saat kita belok ke kanan atau ke kiri

saya juga test saat mudik lebaran kemarin, perjalanan jauh juga terasa lebih nyaman, beban lebih terbagi antara di bokong dan di tangan, jadi badan tidak cepat lelah

Ini salah satu rekomendasi modifikasi atau part yang harus di tambahkan jika merasa posisi duduk vixion terlalu menunduk.

modifikasi sewajar nya, yang penting badan terasa nyaman saat berkendara.

terimakasih

AturMotor

Minggu, 09 Juli 2017

Alasan Saya Memasang Handgrip Busa Pada Yamaha vixion Lightning

Handle Grip Vixion

Motor Ini sudah menjadi teman setia perjalanan, sudah sering melewati perjalanan jauh dalam jangka waktu yang lama, semakin kesini semakin merasa bahwa handle has dan handle kompling berasa kurang nyaman, bahan handle dari karet keras , sehingga terkadang handle terasa licin kalau tangan sudah basah, tentu saja ini menganggu saat sedang menahan gas saat perjalanan.

Maka dari itu, saya memutuskan untuk memasang busa pada handle gas vixion, tujuan utama agar hadle berasa tidak licin saat tangan basah, dan juga agar berasa empuk, soalnya posisi duduk motor vixion lumayan membungkuk, tinggi saya sekitar 165an, teasa sekali badan sedikit membungkuk dan tekanan pada tangan terasa tinggi

Harga nya yang tidak terlalu mahal juga, namun menambah sedikit kenyamanan saat berkendara. 

Alasan lain memasang busa pada hand grip vixion yaitu karena dalam waktu dekan akan melakukan pejalanan mudik lebaran, jadi saya memutuskan untuk membuat senyaman mungkin motor vixion ini, beberapa par yang di tambahkan sebagai penambah kenyamanan yaitu

1. Handgrip Busa kanan kiri


agar tangan tidak mudah lelah meski perjalanan lumayan lama dan jauh

2. Peninggi Setang Motor Vixion 


tujuan nya agar posisi duduk tidak terlalu menunduk

3. Handle belakang Old R-15

bertujuan agar mudah dalam geser geser motor, selain itu untuk melindungin lampu juga kita sedang berboncengan

hanya 3 par itu yang saya tambahkan pada Vixion Lightning

Modifikasi sewajarnya, yang penting nyaman dirasakan di badan, buat apa modifikasi aneh aneh tapi badan sendiri sakit sakitan saat mengendarai nya.

Terimakasih
AturMotor

Sabtu, 01 Juli 2017

Lakukan Pengecekan Komponen Ini Setelah Perjalanan jauh

Lakukan Pengecekan Komponen Ini Setelah Perjalanan jauh

Melanjutkan dari posting tentang part yang harus di cek sebelum melakukan perjalanan jauh kali ini kita coba membahas tentang komponen apa saja yang perlu kita cek setelah melakukan perjalanan jauh
sering kali kita setelah melakukan perjalan jauh, motor hanya di ganti oli saja karena berangkapan bahwa hanya oli saja yang perlu di ganti dan sparepart yang lain tidak perlu, malahan tidak dilakukan pengecekan sama sekali. dikawatirkan jika kita tidak melakukan pengecekan di beberapa part akan terjadi masalah di kemudian hari

berikut part yang perlu mendapat perhatian lebih setelah kita melakukan perjalanan jauh

1. Oli Motor
Oli motor tentu menjadi perhatian Nomer 1 yang harus kita cek setelah melakukan perjalanan jauh, karena pada saat kita melakukan perjalanan jauh dan lama, kondisit mesin tentu juga memaksa oli untuk terus melukasi mesin, tidak dajar dengan usia oli yang biasanya bisa mencapai 2000 KM, setelah melakukan perjalan sekitar 1000 Km keadaan oli sudah hitam dan bau mesin sudah sangat tercium. hal ini juga di karenakan mesin yang di pacu dengan RPM tinggi secara terus menerus, jadi kondisi oli lebih cepat mengalami penguapan dan gesesakan dalam mesin lebih intens 

2. Rantai Motor
Yang Paling terlihat perubahan pada rantai adalah rantai berasa lebih kendur. beban kendaraan dan durasi penggunaan sering kali menjadi penyebab utama rantai menjadi sedikit aus dan kendur. cara ini bisa kita siasati dengan rajin memberi pelumas pada rantai setiap 100 km, agar kondisi rantai motor tetap "dingin" karen dengan memberikan pelumas pada ranti, gesekan antar mata rantai dan gear lebih baik, usia rantai pun menjadi lebih panjang.

3. Roda
Cek keadaan Roda, paling tidak keadan kembang roda, apakah masih layak untuk di gunakan atau sudah mengalami ke ausan akibat melakukan perjalanan jauh, kondisi aspan yang panas dan tidak rat sering kali menyebabkan roda lebih cepat mengalami kebotakan.

Dan satu hal lain nya adalah, jika kita menggunakan ban tubless, jika ban kita terkena paku, biasanya tidak berasa mengalami kekurangan angin, karena sifat ban tubless yang jika terkena paku, makan angin akan tertahan oleh paku, begitu paku di cabut makan seketika angin akan keluar

biasakan setiap 100Km lakukan pengecekan terhadap ban, jika ternyata ada paku, sebaiknya jangan di cabut, cari tukan tambal ban setelah itu bisa cabut paku nya. karena jika kita langsung cabut paku dan tukan tambal ban jauh, makan kita sendiri yang akan cape mendorong motor sampe ke tukang tambal ban

4. Periksa Body Motor
Cek secara keseluruhan, cek setiap baut pada bodi motor, di khawatirkan ada yang kendur. keadan motor jika di pacu dengan kecepatan tinggi, maka getaran pada bodi motor juga sangat besar, sering kalo terjadi salah satu bodi motor lepas, karena kita yang tidak rajin cek part part yang terpasang pada motor, lakukan pengecekan ini pada saat kita mencuci motor, cek setiap detail agar tidak terjadi hal hal yang tidak di ingin kan

5. Periksa Keadaan mesih di Bengkel Resmi
Jika kita servis motor di bengkel resmi, biasanya mereka punya alat yang lebih canggih, misalnya jika kita berkunjung ke bengkel resmi yamaha di kelapa dua depok, disana terdapat kamera kecil yang bisa masuk ke dalam mesin untuk memerikna komponen mesih, apakah mengalami keausan atau tidak.

contoh nya, setiap kalo saya ke bengkel resmi, pasti kamera selalu masuk ke bagian rumah piston, untuk memastikan apakah piston mengalami gesekan  parah dengan dinding rumah piston, atau terdapat banyak kerak atau tidak, kerak timbul karena usia oli yang lama tidak di ganti dan mengalami pembakaran parah pada rumah piston.

itu tadi komponen yang wajib di cek setelah melakukan perjalanan jauh, tujuan nya adalah agar tidak terjadi hal yang tidak di ingin kan, selain itu juga agar usia motor lebih panjang dan terawat


Terimakasi
AturMotor

Sabtu, 24 Juni 2017

Cara Memanfaatkan ODO Meter, TRIP 1 dan TRIP 2 Motor Vixion


Seperti Kita ketahuai, pada layar indikator ada menu ODO, Trip 1 dan Trip 2, Odo Meter adalah Berapa KM yang sudah motor tempuh sejak pertama di Buat, ODO meter tidak bisa di reset Jarak nya ke 0
Sedangan Untuk Trip 1 dan Trip 2 bisa kita seting kembali ke 0

baca juga : Rekomendasi 10 ban untuk musim hujan

Jika kita hobi touring, fasilitas Trip 1 dan Trip 2 pada Motor Vixion bisa kita manfaatkan, apalagi kalau kita hobi touring.

Trip 1 biasanya saya seting untuk pergantian Oli Berkala Setiap bulan nya, setiap habis mengganti Oli,,Trip 1 selalu di seting ke 0, dengan cara menekan tombol Set hingga ke menu Trip 1 dan kemudian tekan lagi sambil di tahan, maka ukuran nya kembali ke 0.

Trip 2 biasanya saya gunakan untuk melakukan perjalanan. misal nya kita akan pergi trouring ke tegal atau akan mudik dengan Vixion, maka kita harus tau dulu, berapa kira kira jarak dari jalarta ke tegal.

cara mengetahui jarak kasaran dari jakarta ke tegal adalah dengan menggunaakan google maps di handphone atau dengan komputer. 

Misalnya dari jarak kisaran Jakarta - Tegal adalah 321 KM

Maka dengan memanfaatkan Trip 2 pada indikator Vixion, kita bisa tahu, kita sudah menempuh Berapa KM dan tinggal menempuh Berapa KM lagi sisanya, atau dengan Diketahui jarak tersebut, maka kita bisa menentukan Setiap Berapa KM kita harus Istirahat, kalau saya biasanya setiap 100 Km akan istirahat dahulu, selain melemaskan badan, juga mendinginkan semantara motor, biar tidak terlalu di porsis.

itu tadi bagai mana cara saya memanfaatkan indikator jarak Pada motor vixion

Rabu, 21 Juni 2017

4 Barang Yang Wajib Di Bawa Bagi Pemudik Motor

Mudik sebentar lagi, persiapan sudah beres atau belum ?
biasanya orang orang fokus pada persiapan diri saat mau mudik, sering kali mengabaikan persiapan untuk kendaraan nya, terutama motor, banyak bagian penting yang harus tetap di jaga.
kita semua berharap agar bisa semalat sampai tujuan, namun terkadang nasib berkata lain, ada saja kendala yang ada di depan
maka dari itu, persiapan apa yang harus kita bawa agar bisa meminimalisir gangguan selama perjalanan
berikut beberapa tool yang saya bawa selama mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor Vixion
1. Tool Set, Kunci Pass
Mungkin sedikit merepotkan jika membawa tool set, namun lebih repot lagi jika terjadi masalah dengan motor dan kita tidak ada tool nya.
yang saya bawa adalah, standar kunci pas sesuai kebutuhan, dan kunci pass

2. Pelumas Rantai
Perjalan Dari Jakarta - Tegal kurang lebih 330an KM, dan dari Tegal - Jakarta 330Kman, jika bolak balik berarti sekitar 660an KM.
dari pengalaman saya, ketahanan Pelumas rantai hanya 100Km, pada KM tersebut rantai terasa sangat beriski, karena Pelumas rantai sudah mulai kering, apalagi jika perjalanan kamu terhambat oleh hujan, rantai motor akan lebih cepat kering.
Biasakan membawa pelumas rantai, mesikipun ukuran kecil, itu sangat berguna



3.  Jas Hujan
Jas Hujan termasuk barang penting yang harus kita bawa, terkadang cuaca bisa saja berubah ubah, jika kamu tidak suka menunggu berlama lama, akan lebih baik untuk menggunakan jas hujan.
selain berguna untuk menahan air hujan, jas hujan juga bisa di pakai saat udara dingin, karena dari bahan yang kedap udara.

4. Tissu basah
Mesikun Sederhana, Tisue basah juga termasuk barang yang penting, minimal juga kita merasa capet dan tidak ada tempat untuk cuci muka, bisa mengelap wajah kita dari kotoran dan debu jalan, dan juga bisa untuk membersihakn kaca helm dari debu, tujuan nya agar jarak pandang kita tidak berkurang saat perjalanan
itulah 4 barang yang bajib kita bawa saat perjalanan
kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi, meskipun tidak terjadi pada diri kita sapa tau terjadi pada orang lain dan kita bisa membantu nya.
Terimakasih
Atur Motor

Selasa, 20 Juni 2017

AP-77, Alternatif Pemulas Rantai Motor


Melanjutkan dari artikel Pelumas motor terbaik, kali ini coba review chainlube Merk AP-77 Chain Lubricant.



Kesan Pertama yang saya rasakan, rantai motor terasa halur, tidak ada suara brisik pada rantai, padahal kalau di lihat rantai agak sedikit kendur. sehari sebelum nya saya coba membiarkan rantai dalam keadaan kering terlebih agar bisa lebih terasa perbedaan nya. setelah itu besihkan rantai dengan kain lap dan semprotkan Chain lube Secara merata.

Terasa sekali perbedaan antara saat kering dan di beri pelumas rantai AP-77, dari suara berisik yang hilang, hingga getaran pada bagian belakan juga berkurang.

Setelah seharian memakain, pelumas ini terasa lebih nempel awet dari pada menggunakan KIT chain lube.

Artiker terkait: Pilih Gear Set Sinnob Atau SSS

Namun ada hal yang membuat saya heran adalah minyak yang nempel pada rantai menjadi sedik kehitaman, apak ini prosen pembersihan sisa sisa minya sebelum nya, atau pembersihan pada bagian yang sudah berkerak.

Kalo dari segi Harga, pelumas ini lebih terjangkau dari pada merk merk lain nya, yaitu di bawah Rp 15.000 ukuran 300Ml Sumber Tokopedia & Bukalapak


Terimakasih
AturMotor

Senin, 12 Juni 2017

Solusi Mudah Lampu Sein Vixion Mati Total, Apa Penyebabnya ?

Flaser Sein vixion
Kali ini atur motor akan memberikan sedikit solusi tentang sein vixion mati total. 
karen kejadian ini mendadak, tiba tiba sein mati total.

sempat bingung apakan karena switch di stang yang kendala, atau sirkuit kabel di motor ada yang putus.

setelah saya cari tau lebih lanjut di beberapa blog ternyata kendalanya simple, hal ini terjadi karena flasher sein vixion sudah mati dan memang harus di ganti.
Flasher sudah berkarat, terkena air
Mungkin karena sudah lama, dan sering kemasukan air waktu cuci motor, jadi flasher ini jadi berkarat, kalau kamu dalam keadaan di jalan tan tidak ada bengkel yang menjual perangkat ini, kamu bisa melakukan hal ini.

Dengan menggunakan kawat atau kabel pendek, lalu hubungkan antara slot nya, dengan melakukan hal ini, maka lampu sein akan menyala, namun tidak ber kedip. 

Dalam Keadaan darurat, bisa menggunakan kawat atau kabel pendek
Saya kebetulan kemarin sempat mencoba cara ini, tak ternyata menyala tanpa kedip, tandanya memang flasher ini bermasalahm dan harus di ganti.

Harga flasher sein befariatif, AturMotor membeli di bengkel di daerah Jl raya bogor dengan harga kira kira Rp 25.000 rupiah.

Cara menggantinya pun gampang ya, karena flasher sein vixion sendiri sudah ada dudukan nya yang pas.

Demikian tadi solusi jika lampu sein vixion mati total, hanya dengan menggnati flasher sein vixion dengan yang baru

Semoga artikel Ini bermanfaat

Salam
AturMotor

Kamis, 18 Mei 2017

Mesih 2 tak Teknologi Injeksi, KTM Berhasil Ciptakan Motor 2 Tak Injeksi

KTM 250 EXC TPI
KTM 250 EXC TPI, Motor 2 Tak Teknologi Injeksi ramah lingkungan 

Kali ini KTM Akhirnya berhasil mengembangkan Motor 2 tak dengan transfer port injection (TPI)
Sering dengan di larang nya motor 2 tak di indonesia di barengi dengan stop produksi dari pabrikan asal jepan dengan motor andalannya Rk King dan NInja 150r.

kedua motor "raja" itu sekarang sudah berhenti produk si, namun sebenarnya kedua motor raja nya 2 tak itu tidak pernah kehilangan konsumen, 
pernah di beritakan bahwa harga motor Ninja 150 rs/ss hampir tembus hingga 150 juta, bisa seharga mobil !!!

Dari situlah KTM tetap memproduksi motor tail nya dengan mesih 2 tak Enduro namun di tambah dengan teknologi injeksi.

aturan ketat perihal Emisi Gas buang ini lah yang mendasari KTM "merubah" sedikit konfigurasi pada mesin agar tetap ramah lingkungan.

namun untuk teknologi ini hanya ada pada kelas enduro, untuk motor sport nya dari KTM belum bisa memastikan apakah akan di buat juga, mengingat pasar motor 2 tak masih tinggi di Indonesia.
Apakah bro sekalian tertarik dengan motor ini?

Gua sendiri berharap Agar Pabrikan Motor 2 tak asal jepang juga bisa memproduksi kembali motor 2 tak nya, namun harus sedikit di modifikasi bagian mesin nya agar lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi Detail KTM 250 XCP-TPI

ENGINE

DISPLACEMENT : 249 cm³

BORE : 66.4 mm

STROKE 72 mm

PRIMARY DRIVE 26:73

SECONDARY GEAR RATIO 14:50

CHASSIS

SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 300 mm

SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 310 mm

FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 260 mm

REAR BRAKE DISC DIAMETER : 220 mm

STEERING HEAD ANGLE : 63.5 °

WHEELBASE : 1482 ± 10 mm

GROUND CLEARANCE : 370 mm

SEAT HEIGHT : 960 mm

TANK CAPACITY (APPROX.) : 9 l

WEIGHT READY TO RACE (WITHOUT FUEL) : 103.5 kg

Selasa, 16 Mei 2017

Komponen Wajib Saat Service Motor Sebelum Mudik Lebaran

Mudik lebaran sebentar lagi bro. motor lu sudah di service apa belum ?
jangan sampe kita lupa service.

wajib hukumnya motor di service sebelum melakukan perjalanan jauh.

service motor bukan sekedar ganti Oli atau cek bagian luar nya aja.

tidak ada salahnya  sesekali motor kita masuk ke bengkel resmi, karena di bengkel resmi biasanya pengecekan akan lebih teliti, bahkan hal hal yang sepele pun bisa saja ketahuan.

pengalaman saya yang sesekali service di bengkel resi untuk si Vixion
hal hal yang tidak terduga seperti filter oli, filter udara, aki yang kurang, kampas kopling dan hal hal yang tidak terlihat lain nya, setelah masuk bengkel resmi langsung ketahuan.

belum lagi bearing bearing yang sudah aus, bahaya kalau masih di paksakan
nah beberapa waktu lalu, si Vixi kembali masuk bengkel resmi langganan di Klapa Dua-Depok. Lokasi nya setelah rumah sakit...

kode Bengkel resminya ...

gua biasanya setiap 3 bulan-4 bulan sekali mampir ke bengkel ini, jadi dalam satu tahung minimal 3 kali masuk bengkel resmi, selebihnya ganti oli aja setiap bulan
dari sini ketahuan banyak banget yang harus di ganti.

awal nya renca cuma mau ganti komstir yang sudah oblak, tapi ternyata ada part yang harus di ganti
antara lain

Busi

Filte udara

bearing swing arm

dan ada lagi yang lain, tapi gua ga inget, karena tambahan itu gua skip dulu, mengingat budget nya juga tipisss.. hehehhe

beberapa part yang gua ganti adalah berikut



1. Busi NGK R.CR8E                    : Rp 13.500

2. Bulb Headlamp (Lampu Depan) : Rp 68.000

3. Yamalub Oil Sport                     : Rp 21.000

4. Perangkat Komstir

- Kit Race Ball                              : Rp 77.000

-Bearing, Streering                        : Rp 108.000

-Plan Bearing                  : Rp 39.000

Biaya Lain nya adalah

1. Service RIngan                           : Rp 50.000

2. Biaya Pasang 1 set Komstir : Rp 40.000

3. Biaya Pasang Lampu                  : Rp 10.000

Total yang harus keluar adalah : Rp 446.500

Mahal Broooohhh !!!

Kebanyakan Biaya!!

dan itu masih belum beres semua, masih ada part yang belum gua ganti, biaya bisa lebih dari itu.
makanya gua jarang masuk ke Bengkel Resmi, cukup 3 bulan sekali saja.

kenap gua memaksakan untuk masuk bengkel resmi, karena di setiap bengkel itu punya setingan standar untuk motor tertentu, jadi motor kita di jadikan kembali ke setandar pabrik, termasuk setingan dari Gas Buang, di bengkel ini motor gua juga di cek untuk Uji Emisi Gas buang, apakah putara mesin sudah sesuai dengan konsumsi bahan bakar nya atau tidak, agar tidak boros BBM vrooohh
Sekedar tips yang perlu kamu semua lakukan pengecekan adalah

1. Ban
Kondisi ban harus masih bagus bro. minimal kembang nya masih ada. kalau di lihat ban sudah aus atau tidak ada kembang nya, lebih baik untuk segera di lakuka pergantian.
mengingat ban adalah komponen penting pada motor, pengereman juga akan lebih sempurna jika kondisi ban masih bagus

2. Kampas Rem.
sebelum mudik, coba cek dan rasakan, apakah pengereman sempurna atau tidak
biasa nya ini sih main filing aja, kalau pas ngerem tapi motor masih lari kenceng dan ngluyur, berarti kampas sudah harus di ganti, juga kalau sudah ada bunyi gesekan pada rem, berarti memang sudah waktu nya untuk segera di ganti

3. Gear dan Rantai
apakah gear sudah runcing atau belum, dan rantai apakan sudah kendor atau belum
terkadang rantai yang sudah harus di ganti tidak ada bunyi sama sekali, hanya sering lepas pada saat di kendarain
sebaiknya lakukan pergantian, mengingat perjalanan untuk mudik relatif jauh, kita tidak mengharap da kejadian apa apa di jalan, agar selamat sampai tujuan

4. Aki dan stater
jika menggunakan aki basah, cek air aki nya, apakah sudah tipis
jika dengan aki kering, bisa pada saat service ke bengkel resmi, apakah powernya sudah turun atau belum, karena jika aki sudah jelek, terkadang motor susah di hidupkan.

5. Oli
cek oli kamu sebelum perjalan jauh, sebaiknya sebelum perjalanan ganti oli dulu, mesikupn kondisi oli baru di pakai 80%
kawatir putaran mesih akan berat jika tetap di paksakan menggunakan oli setengah pakai untuk mudik

6. Lampu Depan Belakan dan Sein
pastikan lampu jauh dan pendek berfungsi normal dan untuk lampu belakan pastikan lampu idle dan rem menyala

7. Stang atau kemudi
apakah sudah oblak atau belum.

8. Bodi motor
Coba geber motor kamu dalam keadaan diam, apakah ada bunyi yang aneh pada saat di geber, segera periksa dan pastikan. pastikan itu adalah hal yang biasa saja, kangan sampai ada komponen yang kendor.

itu tadi beberapa bagian yang harus di cek sebelum kamu sekalian melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman

Yang lebih asik lagi DI bengkel Ini adalah, Vasilitas nya yang cukup lengkap
Pas awal dateng, motor kita di cuci dulu agar bersihan dikit.

setelah kita masuk ke dalam area bengkel, selanjutnya kita akan di suguhi minuman gratis dan kua (kalau masih pagi)
ada juga vasilitas seperti Korsi pijat dan Playstation 2, tapi jumlahnya terbatas ya, jadi harus gantian.

vasilitas dan service nya detail bro, jadi dalam proses perbaikan jika si montir nemu yang kurang pas, maka kamu langsung di ajak meeting untuk masalah ini, keputusan untuk mengganti tetap ada pada si pemillik motor.

perasaan gua setelah motor selesai service, memang rada berbeda bro, awal nya motor terasa sedikit berat di tarikan, padahal oli rajin ganti, BBM pun minimal pertalite. 
juga RPM tinggi brisik dan bergetar, setelah keluar sudah lebih alus. mungkin sudah pada kendor ni bearing bearing nya
di bengkel ini alat nya cukup komplit, sampe kamera kecil yang masuk ke mesin pun ada, jadi ketahuan bro sekalian rajin ganti oli atau tidak. hhehehhe

Pesan Gua bro..

sayangi motor lu, sesekali kasih servis yang bagus, jangan asal ganti Oli, takut takut di jalan ada apa apa, lebih baik keluarin duit lumayan tebel yang penting motor kesayang lu tetep awet meski sudah berumur
thnk

AturMotor

 

Ad Placement